Thursday, August 24, 2006

Nasionalisme tuh apa sih?


"...Ask not what your country can do for you; ask what you can do for your country."

(John F. Kennedy)

Seorang wartawan bertanya,
"Emang ada gunanya ya kalian bikin album nasional? Emangnya menurut kalian, dengan bikin album nasional kalian bisa ngebangkitin rasa nasionalisme orang Indonesia?"

Seorang businessman berkomentar,
"Sekarang lagi...C*****t bikin album nasional. Desperate banget engga sih keliatannya. Kalo cuma 1 lagu sih engga papa, ini semua lagu dalam album. Siapa yang mau beli album perjuangan?"

Seorang guru berkata,
"Muridku bilang kalo sebelum dia beli album perjuangan itu, dia engga tahu judul lagu2 perjuangan Indonesia. Sekarang dia kelas 1 SMP"

Seorang penyanyi menjawab,
"Tiap kali gue dengerin lagu-lagu perjuangan itu, gue merinding!"

Seorang anak muda mengaku,
"Gue nangis denger lagu Syukur. Ternyata selama ini lagu-lagu perjuangan Indonesia tuh bagus-bagus ya."

Saya bertanya,
"Nasionalisme tuh apa sih? Kalo saya menitikkan air mata krn mendengar sebuah lagu perjuangan, kemudian berdoa untuk negara ini, apakah saya boleh disebut nasionalis? Atau, saya harus berjuang dengan bambu runcing, baru saya bisa disebut nasionalis?"

No comments: